Social Icons

Pages

Minggu, 27 November 2011

Internet 10

5.10. Internet
Internet (INTERnational NETwork) dapat diartikan sebagai jaringan komputer internasional, dimana ribuan sistem komputer saling berhubungan satu dengan lainnya.. Kehadiran internet telah membiaskan batas-batas negara, sehingga berbagai informasi penting dapat dengan cepat dan sangat mudah didistribusikan ke seluruh penjuru dunia, maka abad ini kemudian disebut sebagai abad informasi.

Dengan adanya komputer yang saling terhubung tersebut, memungkinkan terjadinya pertukaran file data dan informasi yang terdapat pada masing-masing komputer. Hingga kini telah tercatat lebih dari 80.000 jaringan yang saling terhubung di seluruh dunia. Hal ini menjadikan Internet suatu komunitas baru dari masyarakat yang sangat besar yang dikenal dengan istilah Cyberspace.

5.11. Penyebab Internet Sedemikian Populer
Ada beberapa hal yang menyebabkan internet menjadi sedemikian populer. Yang pertama, komputer tetap terhubung satu dengan lainnya walaupun jalur ataupun line dalam keadaan sibuk. Yang kedua, tidak tergantung pada sebuah perusahaan ataupun vendor, serta tidak ada suatu kontrol yang terpusat.

Yang ketiga, biaya komunikasi menjadi sangat murah karena semuanya menggunakan biaya pulsa local walaupun komunikasi itu sendiri berlangsung antar benua. Yang ke-empat, banyak informasi berharga yang dapat kita access melalui internet.
5.12. Peralatan Yang Dibutuhkan
Peralatan yang dibutuhkan untuk berhubungan dengan internet adalah:
    a. Komputer dengan persyaratan minimum:
    IBM PC atau kompatible-nya dengan processor 486, RAM 16 MB dan tersedianya Hard disk, serta menggunakan operating system Microsoft Windows 3.1

    b. Modem
    Telphone mengeluarkan sinyal analog, sedang CPU komputer menghasilkan sinyal digital. Agar saluran telphone yang ada bisa digunakan untuk mengirim dan menerima sinyal digital, diperlukan peralatan yang disebut modem. Modem berfungsi untuk merubah sinyal digital menjadi sinyal analog dan sebaliknya. Standard minimal modem yang diperlukan 14.4 kbps

    Komputer kini banyak melengkapi dirinya dengan internal modem, artinya modem tersebut sudah merupakan satu bagian dari komputer itu sendiri. Dengan adanya internal modem ini, pemakai komputer tidak lagi perlu mengadakan modem tambahan untuk keperluan internet.

    c. Saluran telephone.
    Saluran telephone berfungsi untuk menyalurkan data yang telah diubah oleh modem dalam bentuk sinyal analog sinyal. Dengan adanya saluran ini, pada akhirnya, komputer dapat mengirim ataupun menerima data dari komputer lainnya.

    d. Provider.
    Pemakai internet harus menjadi anggota dari salah satu provider yang ada. Provider merupakan sebuah perusahaan pelayanan internet yang dapat menghubungkan komputer kita ke-internet. Beberapa perusahaan yang bergerak dibidang ini antara lain, Idola, WasantaraNet, IndosatNet dan VisoNet.
5.13. Manfaat Internet.
Banyak hal dapat dilakukan dengan internet, diantaranya dengan adanya fasilitas WWW (World-Wide-Web). Fasilitas WWW dapat dibayangkan sebagai suatu perpustakaan yang sangat luas, di-dalamnya berisi: majalah, koran, buku ilmiah, etalase, film, kaset, photo, dll. Dengan fasilitas ini, kita dapat melihat berbagai keterangan mengenai produk-produk ataupun berbagai informasi secara tidak terbatas.

Gambar disamping menunjukkan web dari Universitas Dian Nuswantoro yang dapat di-access melalui fasilitas WWW dengan alamat www.dinus.ac.id

E-Mail memungkinkan kita mengirim dan menerima surat secara elektronis, dimana waktu yang diperlukan untuk melakukan pengiriman hanya dalam satuan detik dan menit. Di samping itu, kita juga dapat menerima surat-surat yang ditujukan kepada kita, tanpa harus berada pada lokasi tertentu untuk membacanya; kita hanya memerlukan suatu komputer dengan kemampuan akses Internet.

Apabila kita ingin berkomunikasi secara global dengan sekelompok orang mengenai topik tertentu secara interaktif, gunakan fungsi IRC.

Untuk mengambil ataupun mengirimkan file, kita dapat menggunakan fasilitas FTP

Seandainya kita ingin berbicara dengan kawan ataupun partner bisnis yang berada di-dalam negri ataupun luar negri, gunakanlah fasilitas Internet-Phone. Selain kita dikenakan biaya pulsa local, lawan bicara kita juga akan muncul pada layar monitor.

Usenet adalah sistem kelompok diskusi dimana artikel-artikel didistribusikan ke seluruh dunia. Usenet mempunyai ribuan kelompok diskusi, sehingga tidaklah mengherankan bahwa Usenet dapat meliputi segala macam topik diskusi yang kita inginkan.

Dengan adanya fasilitas E-Commerce (Electronic Commercial), maka transaksi penjualan bisa dilakukan melalui internet. Barang-barang yang ditawarkan ditampilkan dalam bentuk foto berikut data specifikasi teknis beserta harganya. Pembeli kemudian mengisi formulir yang telah disediakan sambil menyebut nomor kartu kredit yang dimiliki. Setelah menerima data dan kiriman uang, penjual segera mengirim barang kealamat pembeli.

Search Engine, merupakan suatu fasilitas yang terdapat di dalam internet dan dapat digunakan untuk mencari suatu data yang di input oleh pemakai Internet, sehingga dapat menemukan web site yang diperlukan dengan cepat. Ini mengingat bahwa World Wide Web telah menyebar ke seluruh dunia.

Misalnya kita lupa atau tidak mengetahui alamat ataupun Web-site dari Universitas Dian Nuswantoro, dalam hal ini kita bisa memanfaatkan fasilitas search engine yang ada. Ketik Dian Nuswantoro pada search-engine tersebut.

Hasilnya bisa kita lihat, seluruh data yang mengandung kata dian nuswantoro akan ditampilkan pada layar, sehingga kita bisa menemukan alamat yang kita cari.

Selain yahoo.com, ada beberapa search engine lainnya yang dapat digunakan diantaranya: altavista.com, excite.com, askjeeves.com, goto.com, webcrawler.com, google.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar